Keuntungan Memasang Google AdSense

Keuntungan Memasang Google AdSense
Assalamualaikum Wr.Wb.
Jika sebelum-sebelumya saya admin hanya memposting sesuatu yang berhubngan dengan education seperti materi Plantae, pencemaran lingkungan, dll. Pada kesempatan kali ini, saya akan memposting Keuntungan Memasang Google AdSense.
Adsense merupakan program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. Dengan bekerjasama dengan Adsense, pemilik blog atau web mendapatkan keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik oleh para pengunjung, sistem ini dinamakan Pay Per Click (PPC) atau dalam bahasa Indonesia artinya bayar per klik.
Selain sistem PPC, adsense juga menerapkan sistem pencarian atau Adsense fo Search dan juga iklan arahan atau Referral. Untuk adsense pencarian, pemilik blog dapat memasang kotak pencarian google di blog mereka, dan untuk sekali pencarian pemilik blog akan mendapatkan keuntungan.
Di dalam dunia Google Adsense, ada beberapa istilah yang digunakan. Istilah-istilah tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

1.    Publisher
Publisher merupakan pemilik situs web yang telah terdaftar untuk dapat memasang iklan di situs web mereka.

2.    Ad Units
Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

3.    Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

4.    AdSense for Content
AdSense for Content merupakan iklan adsense yang terpasang di halaman blog atau situs web. Namun, iklan yang muncul di halalaman blog tersebut hanya iklan yang bersangkutan dengan isi blog, penerapan iklan ini dinamakan konsep kontekstual.  Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

5.    Alternate Ads
Pada AdSense fot Content, iklan tidak selamanya muncul. Hal ini karena google kehabisan stok iklan yang relevan atau karena isi dari blog tidak dapat diperkirakan oleh google. Jika hal ini sampai terjadi, maka iklan yang muncul adalah iklan default. Iklan yang muncul tersebut biasanya adalah iklan layanan masyarakat atau dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads).

6.    Channels
Channels dapat diartika semacam label yang dapat diberikan pada Ad Unit, Link Units, AdSense for Search, dan Referralsv. Untuk satu iklan dapat diberikan lebih dari satu label dan begitu pula, satu label dapat diberikan untuk lebih dari satu iklan. Di halaman laporan google AdSense, hasil laporan tadi dibagi atau dikelompokkan berdasarkan channel yang telah diberikan, jadi penggunaan channel sangat membantu para publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka.

7.    Page Impressions
Page Impressions merupakan jumlah yang menunjukkan berapa kali pengunjung membuka halaman yang mengandung Ad Unit. Nilainya tidak dipengaruhi oeh kuantitas Ad Unit yang ada dihalaman yang bersangkutan.

8.    Clicks
Clicks merupakan jumlah klik pada Ad Unit milik para publisher. Di halaman laporang AdSense, para publisher mampu melihat total klik yang telah mereka dapatkan, maupun berdasarkan Ad Unit dan Channelnya.

9.    CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

10.    CPC (Cost Per Click)
Sesuai dengan namanya, CPC merupakan jumlah uang yang didapatkan oleh publisher apabila Ad Unit tertentu telah diklik. Untuk setiap nilai CPC dari Ad Unit memiliki nilai yang berbeda-beda, hal tersebut tergantung dari banyak faktor termasuk performa dari situs milik publisher.

11.    eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya.

Keuntungan Memasang Google AdSense

Masuk ke masalah utamanya yaitu Keuntungan dari memasang Google AdSense. Banyak blogger yang telah memiliki akun adsense, tapi lebih banyak yang belum punya. Sebenarnya banyak blogger pemula yang ingin memasang AdSense, tapi karena mendengar bahwa memasang AdSense sangat sulit. Jadinya, para blogger tersebut memengurungkan niatnya.
Padahal diterima atau tidaknya kita, itu tergantung apakah content blog anda unik atau tidak, copy paste atau tidak. Keuntungan dari memasang Google Adsense itu sendiri adalah sebagai berikut.

1.    Keuntungan memasang Google AdSense dari segi membuat akun adalah Gratis!. Tidak perlu membanyar untuk membuat akun adsense cukup dengan membuat blog yang berkualitas, maka anda layak untuk mendapatkan akun Google AdSense.
2.    Dengan memasang Google AdSense, keuntungan yang kalian dapatkan dari segi ekonomi tentu saja pendapatan. Dengan mendafatarkan blog kita ke Google AdSense, maka blog kita akan dapat berpenghasilan.
3.    Apa lagi? Dengan Google AdSense anda dapat memulai bisnis. Contohnya yaitu jasa pembuatan akun Google AdSense. Saya yakin banyak yang belum tau cara membuat akun Google AdSense, oleh karena itu saya saranku untuk segera menghubungkan blog anda dengan Google AdSense.

3 kelebihan dari memasang Google AdSense di atas saya rasa sudah cukup untuk membuat anda tertarik untuk membuat akun Google AdSense.
Cukup sekian postingan mengenai Keuntungan memasang Google AdSense, mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman dan juga untuk saya, dan apa bila anda merasa postingan ini bermanfaat harap untuk meng-share atau membagikan postingan ini di sosial media yang anda geluti.
Assalamualaikum Wr.Wb.
*sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/AdSense

0 Response to "Keuntungan Memasang Google AdSense"

Post a Comment